LIVE TV
Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP Mengenaskan, Seorang Wanita di Kuala Tungkal Dibunuh Tetangganya Saat Sholat Jum’at, Kebakaran Landa Pemukiman di Tungkal Harapan

Home / Berita

Sabtu, 23 Januari 2021 - 14:06 WIB

Ditengah Pandemi Covid-19, Haul Syekh Ali bin Abdul Wahab Dilaksanakan Melalui Virtual Zoom dan Jamaah Terbatas

INDOJAMBI.ID – Haul Syekh Ali bin Abdul Wahab yang merupakan ulama besar Tanjung Jabung Barat selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Demikian pula haul yang ke-10 tahun 2021 ini acara tetap dilaksanakan, namun saja pelaksanaannya tidak dilakukan seperti sebelum – sebelumnya yang melibatkan jamaah yang banyak.

Dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, untuk peringatan haul tahun ini jamaah terpaksa dibatasi. Untuk di makam hanya diperkenankan 35 orang saja, selebihnya di masjid pondok pesantren Al Baqiyatus Shalehat yang diisi oleh santri dewasa.

Namun demikian, masyarakat umum masih bisa mengikuti haul secara langsung karena acara haul juga dilakukan secara virtual zoom dan siaran langsung lewat Facebook, diantara akun Itsbat yang dimulai jam 20.00 WIB.

Hal ini disampaikan langsung oleh KH Abdul Hakim putera bungsu Syek Ali Wahab yang juga merupakan pengasuh pondok pesantren Albaqiyatus Shalehat Kuala Tungkal, Sabtu (23/1).

BACA JUGA  Shalat Jumat di Tengah Wabah Corona oleh: Zakaria Ansori, SHI, MH

Dalam membantu berjalannya pelaksanaan haul dengan protokol kesehatan, Polres Tanjab Barat ikut membantu memfasilitasi melalui aplikasi zoom metting.

Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, SIK, MH sekaligus selaku Wadansatgas Covid-19 Tanjab Barat mengungkapkan sangat mendukung peringatan Haul Syekh Ali Wahab yang sudah menjadi tradisi di Tanjab Barat itu. Namun dikatakannya, karena kondisinya saat ini masih Pandemi Covid-19, sehingga tidak dimungkinkan untuk dilaksanakan sebagaimana lazimnya tahun-tahun sebelumnya secara terbuka dihadiri ribuan jamaah.

“Alhamdulillah, setelah dilakukan koordinasi dengan panitia, panitia sepakat Haul dilaksanakan secara terbatas dan virtual via zoom yang kita fasilitasi penuh dari Polres,” kata Guntur, Jumat (22/01).

Meski digelar secara virtual, perayaan Haul ini menurut Kapolres rangkaian acara tetap berjalan tanpa mengurangi substansi haul.

BACA JUGA  Kunker di Provinsi Riau Bupati Anwar Sadat Didaulat Menjadi Khatib Jum'at

Alasan memilih menggelar acara pergantian Haul secara virtual, menurutnya, agar tidak menimbulkan kerumunan guna memutus penyebaran virus Covid-19 di Tanjab Barat.

Masyarakat, lanjut Guntur, bisa ikut acara ini dengan bergabung melalui zoom meeting melalui ID Id Zoom : 9106943187 dan password : 123. Acara akan digelar mulai pukul 20.00 WIB sampai selesai.

“Jalannya acara Haul juga dapat disaksikan live streaming melalui kalan facebook ‘Tsbat Al Urwatul Wustqa’ dan chanel Youtube Polres Tanjab Barat,” jelasnya.

Untuk di Pesantern lanjut Kapolres, pihaknya bersama Gugus Tugas COVID-19 Tanjab Barat tetap melakukan pemantauan agar pelaksanaan Haul berjalan sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19 serta petugas kesehatan.

“Ini tentu upaya kita bersama untuk menghindari potensi munculnya cluster baru Covid-19 di Tanjab Barat,” ungkapnya. (Ame)

Share :

Baca Juga

Berita

Bupati Tanjab Barat Resmikan Rumah Singgah untuk Keluarga Pasien Rumah Sakit

Berita

Bupati bersama Unsur Forkopimda Jajal Olahraga Panahan

Berita

Akun FB Palsu Catut Nama Bupati Anwar Sadat

Berita

Budi Azwar Anggota DPRD Tanjab Barat Resmi Jadi Tahanan Kejaksaan

Berita

Perihatin Melihat Nelayan, Ketua HNSI Tanjab Barat Syuprayogi Syaiful Berikan Bantuan Sembako

Berita

Sempat Buron, Pelaku Penipuan Seorang Ibu di Tanjab Barat Akhirnya Tertangkap, Berikut Kronologisnya

Berita

13 Rumah di Kawasan Parit 1 Kuala Tungkal Hangus Dilalap Api

Berita

Wabub Hairan Kunker di Kecamatan Renah Mendaluh