LIVE TV
PUTIN Rilis Survei Pilkada di Tanjab Barat 2024, Anwar Sadat Jauh Unggul Simak Spesifikasi Samsung Galaxy A54 Secara Lengkap! Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui

Home / Berita

Sabtu, 20 Maret 2021 - 18:04 WIB

730 Mangkuk Kuno yang Ditemukan di Tanjab Barat Diduga Berasal dari Tiongkok

INDOJAMBI.ID – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi mendata sejumlah penemuan mangkuk kuno oleh warga di Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 26 Februari 2021 yang lalu.

Mangkuk yang ditemukan oleh warga RT 02, Parit Kerbau tersebut jumlahnya terbilang cukup banyak. Dipastikan ada sebanyak 730 buah mangkuk kuno ditemukan yang diduga berasal dari negeri Tiongkok.

Dugaan tersebut didapat setelah tim dari BPCB Provinsi Jambi turun ke lokasi dimana mangkuk-mangkuk tersebut ditemukan warga.

BACA JUGA  Kalapas Kuala Tungkal Imam Siswoyo Emosi Saat Dimintai Konfirmasi Soal Narkoba

Diterangkan oleh Sigit dari BPCB Provinsi Jambi, dari mangkuk yang ditemukan rata-rata berdiameter 17 cm dan model mangkuk berglasir.

“Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa mangkuk tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu mangkuk berukuran 17 cm, itu bukan produksi Nusantara, itu dugaan kita dari China,” ujar Sigit.

“Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA  Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Berikan Fasilitas Ramah HAM Diantaranya Ruang Karaoke

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah mangkuk yang ditemukan tersebut dan membuat kesepakatan untuk menghentikan pencarian.

“Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi dihimbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin dibuat berita acara dan memang semuanya mangkuk tersebut berjumlah 730 buah,” jelas Sigit. (Ame)

Share :

Baca Juga

Berita

Pengurus SMSI Provinsi Jambi Masa Bakti 2022-2027 Resmi Dilantik

Berita

Wabub Hairan Kunker di Kecamatan Renah Mendaluh

Berita

Kekurangan Pasokan Es, Nelayan Tanjab Barat Terancam Tak Melaut

Berita

77 Box Benih Lobster Ditemukan di Jembatan Parit 2 Kuala Indah, Tanjab Barat

Berita

Mengenaskan, Seorang Wanita di Kuala Tungkal Dibunuh Tetangganya

Berita

Analisis Kemenangan Anwar Sadat-Hairan Pada Pilkada Tanjab Barat Barat

Berita

13 Rumah di Kawasan Parit 1 Kuala Tungkal Hangus Dilalap Api

Berita

Tanjab Barat Juara Umum MTQ ke-50, Bupati Anwar Sadat Beri Ucapan Selamat kepada seluruh Qori dan Qoriah