LIVE TV
Simak Spesifikasi Samsung Galaxy A54 Secara Lengkap! Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP

Home / Berita

Sabtu, 20 Maret 2021 - 18:04 WIB

730 Mangkuk Kuno yang Ditemukan di Tanjab Barat Diduga Berasal dari Tiongkok

INDOJAMBI.ID – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jambi mendata sejumlah penemuan mangkuk kuno oleh warga di Desa Mekar Alam, Kecamatan Seberang Kota, Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada tanggal 26 Februari 2021 yang lalu.

Mangkuk yang ditemukan oleh warga RT 02, Parit Kerbau tersebut jumlahnya terbilang cukup banyak. Dipastikan ada sebanyak 730 buah mangkuk kuno ditemukan yang diduga berasal dari negeri Tiongkok.

Dugaan tersebut didapat setelah tim dari BPCB Provinsi Jambi turun ke lokasi dimana mangkuk-mangkuk tersebut ditemukan warga.

BACA JUGA  Bupati Anwar Sadat Menjadi Narasumber Seminar Al Qur'an

Diterangkan oleh Sigit dari BPCB Provinsi Jambi, dari mangkuk yang ditemukan rata-rata berdiameter 17 cm dan model mangkuk berglasir.

“Dari hasil pengelihatan yang kita lakukan di lokasi, bahwa mangkuk tersebut bukan merupakan produksi dari Indonesia. Yang mana rata-rata tipikalnya itu mangkuk berukuran 17 cm, itu bukan produksi Nusantara, itu dugaan kita dari China,” ujar Sigit.

“Pihak kita telah turun ke lokasi bersama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. Termasuk dengan pihak Kecamatan, pihak Desa dan RT termasuk dengan pemilik lahan masyarakat sekaligus yang menemukannya pertama kali,” ujarnya, kemarin.

BACA JUGA  Berlaga di Sumsel Taekwondo Championship 2022, Taekwondoin Tanjab Barat Bawa Pulang 11 Emas

Ia menyebutkan bahwa, pihaknya pun telah mendata jumlah mangkuk yang ditemukan tersebut dan membuat kesepakatan untuk menghentikan pencarian.

“Kemarin kita buat forum dan kesepakatan bersama untuk menghentikan pencarian, jadi dihimbau untuk tidak melanjutkan pencarian, jadi kemarin dibuat berita acara dan memang semuanya mangkuk tersebut berjumlah 730 buah,” jelas Sigit. (Ame)

Share :

Baca Juga

Berita

Kantor Imigrasi Kuala Tungkal Berikan Fasilitas Ramah HAM Diantaranya Ruang Karaoke

Berita

RS Daud Arif Kuala Tungkal Siapkan Ruang Isolasi Pasien Corona

Berita

Yayasan Budi luhur Terima Penghargaan dari Polres Tanjab Barat

Berita

Hewan Langka Tapir Ditangkap Saat Berkeliaran di Kebun Warga Desa Tungkal 1 Tanjab Barat

Berita

Petrochina Jabung Ltd Berikan Bantuan Mobil Perpustakaan ke Tanjab Barat

Berita

Sasar Penduduk Miskin, KNPI Tanjab Barat Bagikan Sembako

Berita

Walaupun Bukan Dihari Kerja, Dengan Motor Roda Dua Bupati Anwar Sadat Lakukan Belusukan

Berita

DPD PAN Tanjab Barat akan Adakan Musda ke VI