LIVE TV
Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP Mengenaskan, Seorang Wanita di Kuala Tungkal Dibunuh Tetangganya Saat Sholat Jum’at, Kebakaran Landa Pemukiman di Tungkal Harapan

Home / Berita / Bupati

Kamis, 16 September 2021 - 11:41 WIB

Bupati Anwar Sadat Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ ke-50

INDOJAMBI.ID – Bertempat di Gedung Pola Utama Kantor Bupati Tanjab Barat, Rabu (15/9), diadakan Rapat Perkembangan Epidemiologi Kasus Covid-19 di Kabupaten Tanjab Barat dan Persiapan Pelaksanaan MTQ Ke-50 Tingkat Provinsi Jambi.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Tanjab Barat Drs.H.Anwar Sadat M,Ag. Dalam pemaparannya, Bupati Anwar Sadat menegaskan beberapa poin penting yang perlu di persiapkan dalam rangka menyambut MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang salahsatunya adalah pemberlakuan pembatasan masuk kota Kuala Tungkal sejak 23 september 2021.

“Kendaraan yang memasuki wilayah kota Kuala Tungkal akan dilakukan pemeriksaan ketat apabila tidak memenuhi ketentuan pembatasan diminta tidak masuk ke Kuala Tungkal,” ujar Bupati.

“Khusus kendaraan rombongan kafilah, yang diijinkan hanya untuk kendaraan dengan stiker kafilah MTQ yang dikirimkan oleh panitia dari Kabupaten masing-masing, dan nanti akan ada proses pemeriksaan acak antigen 20% dari seluruh kafilah setiap kendaraan,” tambahnya.

BACA JUGA  Innalilahi Wainnailaihi Rajiun, H Syaifuddin Anggota DPRD Tanjab Barat Meninggal Dunia

Lebih rinci, Bupati mengatakan terkait teknis penyambutan kafilah yang rencananya akan ditempatkan di dua lokasi, yakni Gedung Balai adat dan Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Terkait tempat menginap atau pemondokan kafilah, Bupati menghimbau agar dilengkapi kelengkapan protokol kesehatan serta menyiagakan tim terpadu dengan personil dari keamanan kesehatan dan BPBD yang rasionya akan dihitung berdasarkan jumlah kafilah.

Bupati juga menghimbau agar pengawasan, pengendalian, dan penegakan protokol kesehatan dapat benar-benar diterapkan di pintu masuk pelabuhan, perbatasan, lokasi lomba, serta lokasi pembukaan dan penutupan MTQ.

Sementara itu Ketua TIM Pakar & Analisis Satgas Penanganan covid 19 Provinsi, Ummi Kalsum menyampaikan bahwa pada prinsipnya pelaksanaan MTQ sudah disiapkan dengan baik oleh Pemkab Tanjung Jabung Barat, namun kondisi pemetaan risiko kabupaten masih beresiko sedang (orange) dan perlu dikendalikan hingga berzona kuning.

BACA JUGA  Wabub Tanjab Barat Lakukan Koordinasi dengan Pj Gubernur Jambi Terkait Pelaksanaan MTQ

Menurutnya, Pemkab Tanjung sudah memiliki planning terhadap antisipasi terjadinya lonjakan kasus baru, namun dengan menjamin kedisiplinan perilaku penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat dan pengawasan yang lebih ketat dari pemerintah dan intstusi terkait.

“Secara umum venue lokasi acara sudah disiapkan oleh panitia, hanya fasilitas masih dalam proses perencanaan. Kesiapan pemondokan dan fasilitas penginapan hotel bagi kafilah sudah disiapkan dengan baik oleh panitia, namun fasilitas dan pelaksanaan proses masih belum sepenuhnya diterapkan,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Hairan, SH, Kapolres Tanjab Barat AKBP. Muharman Arta, SIK, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M. Si, Asisten Pemerintahan Hidayat, SH, MH, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, Kasat Pol PP, Camat Tungkal Ilir, Sekcam Tungkal Ilir, Kabag Kesra, Kabag Umum, Lurah Tungkal IV Kota dan undangan lainnya. (*/Dedi)

Share :

Baca Juga

Berita

Pesan Warga Taman Raja, Kalau Anwar Sadat – Hairan Terpilih Minta Makam Raja Gagak Dipugar

Berita

Taekwondoin Tanjab Barat Sabet 3 Emas dan 7 Perak Dikejuaraan Kuju Cadet Diskepora

Berita

H. Sjafril Simamora Dipercaya Pimpin Percasi Tanjab Barat Periode 2020-2024

Berita

13 Rumah di Kawasan Parit 1 Kuala Tungkal Hangus Dilalap Api

Berita

Yayasan Budhi Luhur Ambil Bagian dalam Kegiatan Penyemprotan Disinfektan Secara Serentak yang Dimotori oleh Polres Tanjab Barat

Berita

Warkop H Mael Mendadak Ramai, Ternyata Cabub Anwar Sadat Ajak Masyarakat Ngopi Bareng

Berita

Jembatan Gantung di Renah Mendaluh Ambrol, Belasan Siswa Jatuh ke Sungai dan Terluka

Berita

Innalilahi Wainnailaihi Rajiun, H Syaifuddin Anggota DPRD Tanjab Barat Meninggal Dunia