LIVE TV
Simak Spesifikasi Samsung Galaxy A54 Secara Lengkap! Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP

Home / Berita

Kamis, 30 Januari 2020 - 20:42 WIB

Pelabuhan Kelagian Tebing Tinggi Diusulkan Masuk Rencana Induk Pelabuhan

Indo Jambi – Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial MS sangat berharap pelabuhan Kelagian Tebing Tinggi dapat terealisasi. Hal ini sebagaimana diungkapkannya dihadapan para anggota DPRD Provinsi Jambi dari Komisi III saat melakukan kunjungan ke Kuala Tungkal, Rabu (28/1).

Dipaparkan oleh Bupati, kondisi dan letak geografis Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang merupakan gerbang Provinsi Jambi karena berhadapan dengan Singapur, Batam dan Johor Malaysia. Menurutnya, Tanjab Barat dapat menjadi salah satu kunci percepatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi.

“Kita ini salah satu penghasil komoditas laut di Provinsi Jambi, seperti udang ketak yang diekspor lewat Jakarta, kami sudah bicara dengan Bappenas, Dirjen, dan sebagainya terkait hal ini,” ujar Bupati.

“Kami sedang mengusulkan pelabuhan Kelagian Tebing Tinggi  untuk dimasukkan RIP (rencana Induk Pelabuhan) Nasional, alhamdulillah mudah-mudahan dicatat oleh pusat,” tambahnya.

BACA JUGA  Walaupun Bukan Dihari Kerja, Dengan Motor Roda Dua Bupati Anwar Sadat Lakukan Belusukan

Dijelaskan Bupati, pengusulan pembangunan pelabuhan Kelagian karena pelabuhan ini dinilai memiliki banyak kelebihan, selain bisa dilewati kapal dengan muatan mencapai 15 ribu Ton sampai 20 ribu Ton, Pelabuhan Kelagian juga hanya berjarak 61 mil dari ambang luar ke arah laut.

“Disamping itu pelabuhan ini bisa mencover Kabupaten  Inhil, Palelawan, Batanghari, Muaro Jambi dan Dhamasraya yang lebih cepat masuk ke pelabuhan Kelagian,” jelasnya.

“Dengan adanya pelabuhan kelagian kita koneckan jalan ke Simpang Niam,  maka kisruh angkutan batu bara tidak ada lagi, dan itu KM 91 ke pelabuhan Kelagian akan kita usulkan masuk ke  jalan nasional karena alasan kita ini pintu gerbang Jambi yang juga berhadapan dengan Sibajo dan Sijori,” ungkap Bupati.

BACA JUGA  Kunker di Provinsi Riau Bupati Anwar Sadat Didaulat Menjadi Khatib Jum'at

Selain itu Bupati juga menyampaikan tentang jalan yang merupakan infrastruktur yang dananya berasal dari APBD Provinsi, yakni jalan KM 91 Teluk Nilau, jalan 101 Bukit Paku yang belum tembus ke Mersam.

Hal lain, Bupati juga berharap ada percepatan pelebaran jalan dari simpang 35 sampai ke Kuala Tungkal, yang awalnya merupakan jalan Provinsi dan sekarang sudah menjadi jalan Nasional yang dananya bersumber dari APBN.

“Dan juga jalan ke pelabuhan roro, kami minta tolong kepada pak Gubernur melalui anggota DPRD Provinsi Jambi, agar usulan kami ini dibantu karena tujuannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Jambi,” pungkas Safrial. (Red)

Share :

Baca Juga

Berita

Terkait Pembagian PI 10% dari SKK Migas kepada Pemkab Tanjab Barat Sudah Ada Titik Terang

Berita

Upacara HUT RI ke-76 di Halaman Kantor Bupati Tanjabbar Berlangsung Hikmat

Berita

Tim SAR Gabungan Temukan Jasad Nelayan Tanjab Barat dalam Kondisi Mengambang di Laut

Berita

Ini Susunan Pengurus DPD PAN Tanjab Barat Periode 2020-2025 Kepemimpinan Anwar Sadat

Berita

Kabupaten Tanjabbar Dapat Opini WTP, Bupati Minta OPD Percepat Penyerapan Anggaran

Berita

Buaya Berkeliaran di Perkebunan Warga Bramitam yang Terendam Banjir

Berita

Kalapas Kuala Tungkal Imam Siswoyo Emosi Saat Dimintai Konfirmasi Soal Narkoba

Berita

KNPI dan HMI Tanjab Barat Berbagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu