LIVE TV
PUTIN Rilis Survei Pilkada di Tanjab Barat 2024, Anwar Sadat Jauh Unggul Simak Spesifikasi Samsung Galaxy A54 Secara Lengkap! Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis Seorang Warga Desa Terjun Gajah Tanjab Barat Tewas Ditelan Ular Piton 5 Manfaat Tanggal tua yang Belum Anda Ketahui

Home / Berita / Pilkada / Politik

Minggu, 7 Juli 2024 - 22:08 WIB

Pilkada Tanjab Barat Berpotensi Diikuti 2 Pasang Calon

INDOJAMBI.ID – Perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2024 boleh jadi hanya diikuti oleh dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati saja. Walau masih sangat prematur disimpulkan, kemungkinan tersebut cukup beralasan karena beberapa calon kandidat sudah ada yang mendapatkan rekomendasi maupun SK dari sejumlah partai politik.

Seperti Partai PAN memberikan rekomendasinya kepada Anwar Sadat, bahkan PKB dan PPP sudah resmi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) mengusung Anwar Sadat dan Katamso sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati. Artinya untuk jumlah kursi sudah melebihi ambang batas jumlah kursi Parlemen sebagai syarat maju di pilkada minimal 7 kursi DPRD atau 20℅ kursi DPRD. Teranyar, tersiar kabar partai Golkar yang memiliki 4 kursi juga akan melabuhkan dukungannya kepada Anwar Sadat-Katamso.

Dipihak lain, PDIP sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD dengan 7 kursi bisa dipastikan akan mengusung kadernya sendiri yaitu Cici Halimah yang tak lain adalah istri dari mantan Bupati Tanjab Barat dua periode, Safrial. Bahkan informasi dari tim Cici Halimah sendiri mengatakan, akan ada beberapa partai lainnya yang segera memberikan rekomendasi kepada Cici Halimah yang digadang-gadang akan berpasangan dengan Mukhlis.

Info terakhir, Safrial suami dari Cici Halimah dikabarkan sudah menyambangi kantor DPP NasDem di Jakarta, hal ini dibenarkan oleh Martua Raja Sihotang, ketua koordinator wilayah 2 Garpu DPP NasDem.

BACA JUGA  Rayakan HUT ke-4, SMSI Jambi Bersama SAH dan BKKBN Gelar Aksi Soial

“Ya beberapa waktu yang lalu beliau ada ke DPP Nasdem,” kata Raja Sihotang, tanpa menjelaskan panjang lebar terkait keberadaan Safrial di DPP NasDem, Sabtu (6/7).

Sementara itu, Hairan yang jauh-jauh hari sudah mendeklirkan maju sebagai calon Bupati Tanjab Barat langkahnya masih agak terseok, karena sampai hari ini dirinya belum juga mendapatkan dukungan partai selain Nasdem yang memiliki 5 kursi itupun baru dalam bentuk surat tugas, artinya masih butuh minimal 2 kursi lagi untuk meloloskan dirinya bisa mendapatkan tiket di pemilukada 2024 ini.

PKS yang selama ini diklaim akan menjadi partai pengusung dirinya, namun hingga hari ini belum juga ada titik terangnya. Dari desas-desus katanya PKS masih setengah hati untuk mengusung Hairan karena belum adanya kesamaan persepsi antara ke dua belah pihak.

Namun kabar tersebut dibantah oleh Ali Imran, Sekretaris umum DPD PKS Tanjab Barat, diterangkannya bahwa sampai hari ini siapa yang bakal diusung masih berproses di DPP.

“Kita masih inten berkomunikasi dengan seluruh calon kandidat yang telah mendaftar di PKS. Sekarang ini masih dalam proses di DPP, jadi kami belum bisa banyak berkomentar,” ujar Ali Imran, Minggu (7/7).

Ahmad Harun Yahya, dosen Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang mengatakan, dengan melihat dinamika politik yang berkembang saat ini kemungkinan dua pasang bisa saja terjadi. Menurutnya, pasangan Anwar Sadat-Katamso dan Cici Halimah-Mukhlis memang lebih memiliki kans untuk maju di pilkada.

BACA JUGA  Kalapas Kuala Tungkal Imam Siswoyo Emosi Saat Dimintai Konfirmasi Soal Narkoba

“Pertama, Anwar Sadat sudah mendapatkan rekomendasi dari PPP dan PKB, hanya tinggal menunggu rekomendasi PAN, saya pikir tidak terlalu berat karena UAS sendiri memang sudah jelas kader PAN dan ketua partai PAN, boleh jadi juga beberapa partai politik yang lain akan menyusul memberi dukungan.

“Kedua, untuk Cici Halimah secara kalkulasi politik memang agak mustahil PDIP tidak mengusung kadernya sendiri terlepas apakah itu nanti Cici Halimah atau yang lain, karena dengan mengusung sendiri saja pun PDIP sudah memenuhi syarat.

Lantas bagaimana dengan Hairan, menurutnya peluang Hairan masih terbuka bilamana bisa menggaet salah satu partai di luar NasDem.

“Beberapa partai seperti Golkar, Gerindra, PKS dan Demokrat, kan belum menentukan dukungan, jadi peluang bagi Hairan untuk mendapatkan dukungan dari partai-partai tersebut sebagai kendaraan politik masih sangat terbuka,” ujar Harun Yahya.

“Saya pikir peta koalisi partai politik untuk pilkada 2024 akan banyak kejutan seperti pilkada 2020 yang lalu, politik kan memang begitu cair dan dinamis bahkan hal-hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, ” tutupnya. (Ame)

Share :

Baca Juga

Berita

Pengurus SMSI Prov Jambi Direncakan Dilantik 19 November

Berita

KNPI dan HMI Tanjab Barat Berbagi Sembako untuk Masyarakat Kurang Mampu

Berita

Sebanyak 64 Balon Desa se Tanjab Barat Ikuti Tes Tertulis

Pilkada

Digandeng Anwar Sadat di Pilkada Tanjab Barat, Katamso Mantap Pensiun Dini dari ASN

Berita

Pisah Sambut Kapolres, SMSI Tanjab Barat Berikan Cenderamata kepada AKBP Padli

Berita

Jembatan Gantung di Renah Mendaluh Ambrol, Belasan Siswa Jatuh ke Sungai dan Terluka

Berita

Rayakan HUT ke-4, SMSI Jambi Bersama SAH dan BKKBN Gelar Aksi Soial

Berita

Di Senyerang Sapasang Suami Istri Tewas Terbakar