•   LIVE TV
Inilah 6 Alasan Pentingnya Menggunakan Casing HP Mengenaskan, Seorang Wanita di Kuala Tungkal Dibunuh Tetangganya Saat Sholat Jum’at, Kebakaran Landa Pemukiman di Tungkal Harapan Jangan Buru-Buru, ini Tanda Laptop Kamu Harus Ganti! Argentina Juara Copa Amerika Setelah Tundukkan Brazil di Final

Home / Berita / Bupati

Rabu, 28 Juli 2021 - 13:44 WIB

Bupati Anwar Sadat Hadiri Rapat Paripurna ke-1 Raperda RPJMD

INDOJAMBI.ID – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs Anwar Sadat, M.Ag menghari Rapat Paripurna ke 1 dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021-2026 dan Rapat Paripurna ke-1 KUA-PPAS TA 2022 dalam rangka Penyampaian Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) TA 2022 dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD TA 2022.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD H Abdullah, SE bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Selasa (27/07).

Dalam penyampaiannya terkait Raperda RPJMD, Bupati Tanjung Jabung Barat mengatakan, penyampaian Ranperda oleh Kepala Daerah kepada DPRD dimaksudkan untuk dibahas dalam rangka memperoleh persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021-2026.

“Telah kami sampaikan sebelumnya, Ranperda ini mempunyai tujuh bab dan juga tujuh pasal yang mengatur atau berisikan mengenai ketentuan umum, ruang lingkup, sistematika, penyajian dokumen, pengendalian dan evaluasi, perubahan RPJMD, ketentuan peralihan dan ketentuan penutup,” kata Bupati.

BACA JUGA  Safrial Tanggapi Soal Permintaan Penggantian Nama RSUD Merlung

Diantaranya juga bahwa RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2021 – 2026 merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah sebagai landasan dan pedoman bagi Pemerintah Kabupaten dalam melaksanakan pembangunan lima tahun yang menjabarkan:
A. Visi dan misi Kepala Daerah terpilih.
B. Tujuan, sasaran, strategi arah kebijakan, program pembangunan dan program prioritas perangkat daerah yang disertai dengan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

RPJMD sendiri sebagaimana dimaksud pada ayat 1 menjadi pedoman dalam penyusunan Renstra perangkat daerah, RKPD dan Renja perangkat daerah.

Disampaikannya juga, bahwa dalam proses penyusunan rancangan akhir RPJMD sudah melewati lima tahapan besar yaitu konsultasi publik, pembahasan rancangan awal di DPRD, konsultasi ke Gubernur Jambi, forum OPD dan musrenbang.

“Banyaknya permasalahan – permasalahan yang harus diselesaikan dan isu strategis yang harus diperhatikan serta dukungan pendanaan pembangunan yang kurang memadai menjadikan pilihan keputusan yang sulit dalam perencanaan pembangunan daerah,” ujar Anwar Sadat.

BACA JUGA  Bupati Tanjab Barat Berikan Bantuan Korban Longsor di Parit Deli

“Masyarakat miskin masih cukup banyak begitu juga dengan persoalan stunting, masih rendahnya akses masyarakat terhadap air bersih dan sanitasi yang layak, masih ada rumah tangga yang belum teraliri listrik, akses telekomunikasi, tingkat konektivitas yang masih rendah diera revolusi industri 4.0, ekonomi digital dan lain sebagainya adalah persoalan-persoalan yang harus kita carikan solusinya,” ujarnya lagi.

Terakhir Bupati berharap rumusan RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat 2021 – 2026 dapat menuntaskan Visi Misi, yaitu mewujudkan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang berkah, berkualitas, ekonomi maju, religius, kompetitif, aman dan harmonis.

Hadir dalam kegiatan rapat tersebut, Ketua dan anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Pengadilan Negeri, Pengadilan Ggama, Asisten, Kepala OPD serta tamu undangan lainnya. (Dedi)

Share :

Baca Juga

IMG 20210708 WA0070

Berita

Muscab Bersama Memilih Ketua DPC PAN se Tanjab Barat Berlangsung Sukses
IMG 20200926 200222

Berita

Ustaz Abdul Hakim Siap All Out Menangkan Anwar Sadat – Hairan
IMG 20190925 WA0028

Berita

Sebanyak 64 Balon Desa se Tanjab Barat Ikuti Tes Tertulis
FB IMG 1620136789703

Bupati

Bupati Tanjab Barat Adakan Audensi dan Silaturahmi dengan Wartawan
0001 16637849979 20210209 132048 0000

Berita

Bupati Terpilih Anwar Sadat Beri Ucapan Peringatan Hari Pers Nasional
16072019 bupati safrial

Berita

Safrial Tanggapi Soal Permintaan Penggantian Nama RSUD Merlung
images 4 5

Berita

Snack Video Diblokir Atas Permintaan OJK
IMG 20201111 WA0049

Berita

Tiba di Renah Mendaluh Anwar Sadat-Hairan Disambut dengan Tradisi Kompangan